Cara Mencari Posisi Top Kompresi Mesin Motor 4 Tak

Pada kali ini saya akan menjelaskan cara Mencari Posisi Top Mesin  Pada Motor 4 Tak lengkap dengan gambar, di mana posisi top merupakan posisi top kompresi yang artinya komponen komponen yang ada di ruang pembakaran seperti piston/seker dan klep pada posisisi kompresi terbaiknya.

Mencari posisi TOP KEMPRESI MOTOR 4 TAK Lengkap dengan gambar


Sebelumnya saya akan menjelaskan terlebih dahulu apa itu posisi top pada mesin motor 4 tak dan posisi top ini pun hanya bisa kita temukan di motor 4 tak saja dan tidak di 2 tak karena kalau di motor dua tak kita tidak perlu mengatur top kompresinya dan kita bisa langsung menasang blok seher/bureng pada motor 2 tak tanpa setting sana sini. Untuk menemukan posisi top pada motor 4 tak memang susah susah gampang bagi orang yang belum terlalu mengerti tentang dunia otomotif, yaitu posisi top pada motor 4 tak adalah dimana posisi seher/piston terletak di bagian paling depan/atas atau biasa di singkat dengan "TMA" (Titik Mati Atas)  dan juga posisi klep masuk dan klep keluar tidak dalam keadaan tertekan oleh Templar roller atau noken as sedang tidak dalam menekan Klep dan dalam posisi yang pas alias tidak menyentuh Templar roller.

Akibat biasanya jika mesin motor tidak dalam posisi top adalah mesin nya loyo alias kurang bertenaga karena saat perputaran gas masuk dan gas buang tidak pas atau sempurna, dan hal yang paling buruk jika mesin motor tidak dalam posisi top adalah mesin tidak mau hidup dikarenakan jika asal asalan main pasang noken as dan posisi seher tidak berada di bagian yang tepat seperti posisi seher di tengah atau posisi noken as sedang menekan klep sedangkan posisi seher berada di depan/tengah bisa saja motor tidak mau hidup atau jika hidup tenaga mesinnya jadi loyo, maupun bisa jadi malahan klep bisa bertabrakan dengan piston yang bisa berakibat klep jadi bengkok.

Ada beberapa cara yang bisa anda lakukan ketika mencari posisi top kompresi pada mesin sepeda motor 4 tak yaitu dengan cara membuka tutup blok magnet menngunakan obeng (-) dan mebuka lubang intip yang biasanya terletak pada bagian depan maupun bagian atas blok magnet, dan kamu juga bisa menggunakan obeng (-) untuk membukanya dan kamu tinggal putar magnetnya menggunakan kunci (T) untuk ukuran kuncinya berbeda beda karena beda motor pasti beda ukuran kunci (T) nya atau biasanya saya menggunakan kunci busi untuk memutar magnetnya, setelah itu putar dan cari huruf "T" pada lubang intip untuk lebih jelasnya lihat gambar di bawah ini.

Cara Mencari Posisi Top Pada Mesin Motor 4 Tak (Cara 1)


1. Alat yang di butuhkan untuk mencari posisi top mesin motor 4 tak adalah obeng (-)  dan juga kunci (T) untuk ukuran kunci T nya memang berbeda beda silahkan cari yang pas

2. Buka lubang Tutup blok magnet yang berada di bagian kiri mesin motor menggunakan obeng (-) dan buka juga lubang intip posisi top yang biasanya terletak di atas atau di bagian depan blok magnet untuk lebih jelasnya silahkan lihat gambar di bawah ini dan kemudian putar magnet menggunakan kuci (T) atau kunci busi dan cari tulisan "T" di lubang pengintip.







Maka setelah itu anda telah berhasil menemukan posisi top mesin motor 4 tak, dan biasanya  cara pertama di atas banyak di gunakan untuk menyetel klep spedea motor 4 tak, dan untuk cara berikutnya adalah mencari posisi top secara manual, untuk alat alatnya sama seperti di atas bedanya kita cuma harus mencopot tutup rantai kamprat yang terletak di kop/head bureng.

Cara Mecari Posisi Top Motor 4 Tak ( Cara 2 )


1. Pertama tama copot businya terlebih dahulu, kemudian Copot lubang tutup magnet dan lubang intip yang ada di atas atau depan blog magnet,  pokoknya seperti langkah pertama di atas bro, kemudian buka juga tutup rantai kamprat yang terletak di kop/head burengnya.

2. Setelah itu masukan obeg ke lubang busi  terserah kamu mau menggunakan obeng apa yang terpenting obengnya bisa masuk di lubang busi, kemudian putar magnetnya menggunakan kunci T dan dari lubang busi rasakan sehernya/piston apakah sudah dalam posisi di bagian paling depan atau "TMA" (Titik Mati Atas) atau biar lebih mudah kamu bisa lihat tutorial  (Cara 1) di atas  jika sehernya sudah dalam posisi paling depan,/TMA kemudian lihat gear rantai kamprat /Keteng dan pasti di situ anda akan menemukan sebuah simbol yang terletak sejajar lurus dengan simbol yang ada di kop/head bureng. Jika belum sejajar anda bisa putar 1 kali lagi. Atau jika masih belum bisa caranya putar magnet hingga posisi TMA kemudian Copot rantai keteng/kamprat dan posisikan gear dengan simbol yang ada di head kemudian pasang kembali rantai keteng atau rantai kampratnya.




Biasanya cara kedua ini bayak di lakukan ketika sedang ingin memasang kembali noken As, atau setelah di bongkar total mesin motornya, intinya adalah jika anda ingin memasang kembali noken as  anda harus mengatus posisi sehernya terlebih dahulu di bagian paling depan (TMA) atau caranya sama saja seperti (1) di atas lalu tugas anda selanjutnya adalah mencari posisi simbol gear rartai kamprat harus sejajar dengan simbol yang terletak pada head atau kop bureng.

Posisi Top NOKEN AS

Dan berikut ini adalah gambaran noken as yang sudah dalam keadan TOP yaitu kedua Tonjolan noken as menghadap ke bawah atau berhadapan dengan piston, atau lebih gampangnya ketika gear sudah terpasang pada noken as nanti biasanya terdapat tanda di Gear dan juga di head, dan tinggal paskan saja tanda tersebut seperti gambar di atas.



Demikian artikel kali ini semoga artikel di atas bisa memnambah wawasan anda tentang teknologi otomotif motor, dan apabila ada yang ingin anda tanyakan seputar Tutorial Mencari Posisi Top Motor 4 Tak di atas anda bisa bertanya melalui kolom komentar yang ada di bawah.