Cara Memperbaiki Tensioner Rantai Keteng/Kamprat Honda Megapro,GL,Tiger Yang Rusak Atau Lemah

Untuk anda yang memiliki motor honda jenis Megapro,GL Series, dan juga Honda Tiger lama maupun yang Revo yang setelan rantai kamprat atau Keteng atau yang biasa di sebut dengan tensioner rantai keteng yang sudah lemah atau rusak kali ini saya akan share sesuai pengalaman saya tentang cara memperbaiki setelan rantai kamprat honda megapro atau tiger dan gl seris yang sudah rusak tanpa biaya mahal tentunya, setidaknya kita hanya peru modal uang sekitar 2rb an saja untuk membeli sebuah baut yang nanti kita manfaatkan untuk ngakalin tensioner/setelan rantai keteng/kamprat motor honda Megapro, penasaran ingin tau caranya?? Oke simak terus artikel ini hingga selesai yaa..

cara memperbaiki tensioner rantai keteng megapro tiger gl rusak


Sebelumnya disini saya akan menjelaskan terlebih dahulu fungsi dari tensioner rantai keteng atau kamprat ini, dan ada dua macam jenis tensioner rantai kamprat ini yaitu yang "Otomatis" dan juga Ada yang manual, sedangkan fungsinya adalah untuk menekan rantai keteng supaya rantainya tidak kendor dan untuk jenis setelan rantai keteng/kamprat yang "Otomatis" maka secara otomatis dia akan terus menerus menekan rantai keteng tanpa kita setting atau atur terlebih dahulu, sedangkan yang manual harus kita atur terlebih dahulu supaya daya tekannya pas dan tidak kekencengan.

Untuk saran saya saat mengunakan tensioner rantai keteng/kamprat yang manual saat ngencengin jangan kekencengan karena nanti tarikan motornya akan kurang enak atau berat dan sebaliknya juga jangan terlalu kendor nanti bisa bisa saat mesin di nyalakan rantai keteng bisa loncat yang bisa bisa mengakibatkan klep begkok, intinya setel secara pas jangan terlalu kencang dan jangan terlalu kendor, Dan berikut ini adalah foto setelan tensioner rantai keteng yang sudah saya akali dengan baut 10mm, jadi kita tidak perlu membeli setelan tensioner rantai keteng baru, cukup modal 1000 rupiah saja kita sudah bisa memperbaikinya.


Pastinya dari gambar di atas anda pasti akan langsung mengerti dengan cara memperbaiki tensioner rantai keteng yang saya maksud, namun apabila anda masih kebingungan untuk cara memperbaikinya pun sangat mudah, jika anda sudah tidak sabar atau penasaran, berikut Tutorialnya.

Langkah Langkah Cara Memperbaiki Tensioner Rantai Keteng Megapro,Tiger,GL Rusak Atau Lemah

1. Pertama Tama lepas terlebih dahulu setelan atau tensioner rantai keteng/kamprat yang terletak di blok seher. Sebelumnya lepas terlebih dahulu dinamo starter agar nanti kita bisa ngendorin baut tensionernya.



2. Kemudian congkel kancing yang berbentuk cincin, jika anda bingung dengan kancing yang saya maksud, anda bisa melihatnya pada gambar yang saya beri tanda panah dibawah ini.



3. Setelah itu keluarkan semua isi yang terdapat di dalam tensioner rantai keteng, setelah itu beli baut 10mm dengan panjang sekitar 6cm di toko terdekat, harganya sekitar Rp1000 - Rp2000 rupiah saja, kemudian sisakan bagian ini saja:



4.Setelah itu rakit kembali, dengan cara memasukkan baut 10 sepanjang 6cm tadi di bagian yang saya lingkari seperti di bawah ini.



5. Kemudian rakit kembali setelan tensioner rantai keteng/kampratnya seperti semula sehingga menjadi seperti gambar dibawah ini



Kemudian untuk cara ngencangin agar rantai keteng atau rantai kamprat tidak kendor tadi anda cukup kencangkan saja baut 10 tadi nanti secara otomatis dia akan mendorong rantai kampratnya supaya kencang, biasanya apabila rantai keteng/kamprat kendor tersebut bisa menyebabkan suara mesin apyak apyakan di bagian boring motor dan apabila tidak segera di tangani bisa berakibat buruk pada mesin seperti klep bengkok atau mesin mati, jadi solusinya apabila rantai kamprat mulai kendor anda bisa memperbaikinya tanpa modal yang banyak dengan cara yang saya berikan di atas, dan cukup sekian artikel kali ini mengenai cara memperbaiki tensioner rantai keteng megapro tiger gl yang rusak atau lemah, semoga informasi yang saya berikan kali ini dapat bermanfaat bagi kita semua terimakasih.