Cara Memperbaiki Karburator Motor Banjir Atau Bocor

Cara Mengatasi Karburator Banjir - Dengan semakin bertambahnya usia motor yang anda miliki, pastinya anda akan menemukan beberapa part part motor yang mulai tidak bekerja secara optimal kembali, khususnya pada bagian karburator apabila motor anda masih menggunakan teknologi karbu dan bukan injeksi, biasanya semakin bertambahnya usia motor karburator akan mulai tidak bekerja secara optimal contohnya adalah Karburator Banjir dan lain lain.


Penyebab karburator banjir sendiri bisa di akibatkan karena Needle Valve yang tidak menutup secara sempurna penyebabnya adalah tangki yang sudah mulai berkarat dan karat dari tangki tersebut ikut masuk kedalam karburator dan menyumbat Needle Valve ini, alhasil karburator akan terus menerus teraliri bensin dari tangki, nah inilah yang tiba tiba karbu menjadi banjir
Penyebab karburator banjir juga bisa di sebabkan oleh banyak faktor, yaitu kondisi setelan apung apung/pelampung  yang kurang kurang pas, fungsi pelampung sendiri di dalam karburator adalah untuk menakar jumlah bensin di dalam karburator supaya pas, nah apabila takaran terlalu banyak bisa jadi membuat karburator menjadi bajir atau apabila terlalu sedikit malahan bisa membuat bensin tidak mau turun ke karburator, akibatnya motor bisa susah di hidupkan atau mbrebet seperti bansin mau habis, Namun untuk beberapa karburator pada jenis motor tertentu, pelampung yang ada di dalamnya tidak bisa di setel atau sudah press dari pabrik sana, contohnya Karburator Megapro atau PE. Oke berikut ini saya akan memberikan langkah langkah mengatasi Karburator motor yang banjir.

Cara Memperbaiki Karburator Motor Banjir

1.) Hal pertama yang harus anda lakukan adalah memeriksa kondisi tangki, apabila tangki motor anda banyak kotorannya seperti karat silahkan bersihkan karat tersebut supaya agar tidak menyumbat Needle Valve yang terdapat di dalam karburator, jika tangki kotor biasanya di dalam karburator juga ada banyak kotoran yang masuk ke karburator dari tangki.

2.) Perhatikan pelampung karburator anda, Jika pelampung anda bisa di setel/terbuat dari bahan besi coba setel dengan cara membengkokkannya ke bawah, ingat jangan terlalu banyak membengkokkannya karena bisa bisa bensin tidak turun, silahkan lihat gambar dibawah ini:


3.) Jika dari ketiga cara di atas belum ampuh, bisanya masalahnya terdapat pada Needle Valve yang sudak tidak layak pakai, jadi silahkan anda beli yang baru dengan cara beli reparkit di toko onderdil terdekat.


Sebelum memasang kembali karburator motor anda sebaiknya anda juga harus membersihkan komponen komponen karburator lainnya menggunakan udara bertekanan tinggi atau kompresor atau bisa juga anda membersihkannya dengan bensin supaya karburator dapat bekerja secara optimal kembali.

Bagaimana cukup mudah bukan cara mengatasinya? Jika anda dapat memperbaikinya sendiri mengapa harus pergi ke bengkel? Dan jika anda memiliki sebuah pertanyaan seputar artikel ini anda dapat menulisnya di kolom komentar, nah oke mungkin cuma sampai sini saja saya kita membahas permasalahan cara memperbaiki karburator banjir, semoga informasi yang saya berikan ini bisa menambah wawasan anda seputar dunia otomotif di indonesia terimakasih.