Sejarah Dan Spesifikasi Yamaha L2 Super

07:20:00
Sejarah Yamaha L2 Super  - Mungkin bagi para pencinta motor antik, motor motor yamaha L2 Super mungkin bisa menjadi motor pilihan, motor ini sendiri mungkin adalah kakak dari yamaha rx yang sampai saat ini yamaha RX series masih banyak di gandrungi para pemuda bahkan orang tua di indonesia, Yamaha L2 super sendiri merupakan motor sport yang di buat yamaha pada kisaran tahun 70 an, dan sebelum yamaha l2 super ini di rilis, pihak yamaha juga telah memperkenakan motor yang bernama Yamaha L2G, namun setelah itu generasinya penerusnya di beri nama L2 super ini, Pada Yamaha L2 super ini mengusung mesin yang berjenis 2 tak dengan kapasitas mesin 97cc. Sedangkan Yamaha L2 G adalah sepeda motor yang diproduksi oleh Yamaha di Indonesia terlebih dahulu  dari tahun pertamanya 1974 sampai dengan 1979. kemudian Pada tahun 1980 yamaha l2 g ini digantikan oleh L2 Super. sedangkan yang membedakan l2 super dengan l2 g adalah pada bagian headlap yang di miliki dan juga mesin maupun bodynya berbeda walau menggunakan jenis rangka yang sama.

Yamaha L2 Super

Menggunakan mesin hampir tegak (meskipun agak miring keatas) dengan kapasitas volume silinder 97cc 2-tak dan juga menggunakan sistem pelumasan yang bernama Autolube, dengan tabung oli samping yang terpisah yang di letakkan pada bagiansamping bawaw jok motor dan, karena pada masa itu kebanyakan motor 2-tak oli sampingnya harus dicampur ke tangky bensin gan. Motor ini sangat mudah digunakan dan memiliki kekuatan cukup besar di jamannya, serta banyak yang mengidolakan motor ini dahulu di era-nya.

Mesin Yamaha L2 Super



Menurut saya pribadi mesin dua tak cenderung memiliki power yang sangat besar pada saat berputar di rpm tinggi, jadi motor yamaha L2 super ini juga berani di sandingkan dengan motor 4 tak yang memiliki cc di atasnya, selain itu pula rangka yang di gunakan juga bukan terbuat dari pipa pipa yang di las melainkan menggunakan lempengan besi yang di desain menjadi sebuah rangka motor, jadi untuk bobot yang di miliki motor ini menurut saya juga sagatlah ringan seperti motor bebek.

Dengan mesin yang memiliki kapasita 97cc dua tak, yamaha l2 super ini juga terbilang motor yang sangat gesit dan lincah saat di ajak selap selip, Di tambah lagi dengan system transmisi yang sudah memiliki empat speed dengan pola pengoprasian N-1-2-3-4 menjadikan motor ini mampu lari kencang hingga 80km/jam sampai 100km/jam dengan sangat enteng. untuk ukuran ban yang di gunakannya sendiri memiliki ukuran ring 17 depan dan belakang.

Mesin Yamaha L2 Super



Kemudian suspensi yang di gunakan pada yamaha L2 super ini juga telah menggunakan suspensi yang berjenis teleskopic pada bagian depannya, san pada shock depannya juga di lengkapi dengan sebuah aksesoris seperti penutup as shock pada bagian atasnya, entah namanya apa saya jua kurang tau, namun dengan adanya ini membuat yamaha L2 Super ini tampak lebih elegan karna memiliki berbagai warna, sedangkan pada suspensi belakangnya juga menggunakan suspensi berjenis dual shock breaker dengan bentung swing arm yang terbuat dari lempengan besi yang di bentuk.

Sedangkan untuk bagian batok lampu yang di gunakan juga memiliki desain kotak, dan juga memiliki speedo meter berjenis analog yang akan menampilkan berbagai indikator penting seperti lampu sein, kecepatan motor, sedangkan untuk onderdil seperti lampunya juga masih mudah untuk kita dapatkan di toko onderdil terdekat.

Desain Yamaha L2 Super




Yamaha L2 Super sebagai motor yang di produksi era tahun 70an,  yang memiliki desain yang  bisa i bilang ekonomis seperti Yamaha L2 ini, pastinya tidak ada banyak fitur yang bisa kita dapatkan atau canggih yang di sematkan didalamnya. Speedometernya yang hanya memperlihatkan  kecepatan sampai 120Km/jam dan hanya ditemani oleh odometer dan lampu indikator untuk beam, sein kanan dan kiri serta gigi netral. Kemudian Rem yang digunakannya pun masih tromol baik pada bagian depan maupun belakang dengan velg jari jari berukuran 18 inch. kemudian Starternya pun hanya mengandalkan selah engkol kick seperti motor sport lain di jamannya. Sebagai aksesoris, disediakan reflektor mata kucing didekat shockbreaker depan, spakbor karet atau yang biasa disebut kepet dan behel belakang untuk L2 Super ini.

Oke mungkin cuma itu saja yang dapat saya bahas pada motor Yamaha L2 super ini, mengingat motor ini tidak mempunyai fitur yang begitu banyak tetapi setidaknya motor ini terasa sangat ringan untuk di kendarai, apalagi di lengkapi mesin 2 tak 97cc yang menurut saya mesinnya juga masih mumpuni untuk di ajak jalan jalan karena peforma yang di miliki mesinnya juga tidak kalah dengan motor bebek keluaran terbaru saat ini, Demikian informasi kali ini mengenai Yamaha L2 super ini, semoga informasi di atas dapat menambag wawasan anda seputar dunia otomotif di indonesia,Terimakasih