Harga KTM 300 EXC TPI 2018, Review & Spesifikasi Lengkap Terbaru

KTM 300 EXC TPI 2018 Merupakan sebuah produk kendaraan bermotor Enduro atau Motocross terbaru yang di keluarkan oleh produsen KTM asal austria, motor ini barusaja di perkenalkan tahun 2017 ini dan sudah dapat anda anda lihat di daeler KTM terdekat di kota anda, Nah ababila anda adalah seoarang yang menyukai olahraga adventure menggunakan motor trail, maka anda bisa memilih salah satu produk yang di keluakan oleh ktm ini, kerena motor Trail KTM sendiri adalah produsen motor yang sudah sangat terkenal di seluruh dunia berkat produknya yang sangat berkualitas.
KTM 300 EXC TPI 2018

KTM 300 EXC TPI 2018 sendiri adalah kendaraan bulid up yang artinya motor ini adalah motor yang memiliki kualitas yang sangat baik di sektor komponen yang digunakannya, sehingga untuk harga yang dibandrolnya juga terbilang mahal, motor ini di khususkan untuk anda yang bener benar menyukai olahraga adventure, sehingga untuk spesifikasi yang di terapkan di KTM 300 EXC TPI 2018 bukanlah komponen abal abal dan semuanya memiliki kualitas yang sangat baik sehingga saat anda gunakan motor ini bisa memberikan peforma terbaiknya sehingga akan lebih nyaman saat kamu gunakan di berbagai medan bebatuan maupun tanjakan pegunungan.

Mesin

Motor yang di khusukan untuk kompetisi enduro ini memiliki kapasitas mesin yang lumayan besar yaitu 300cc walaupun masih ada yang di atasnya tetapi dengan kapasitas 300cc ini sudah lebih dari cukup untuk menaklukan segala medan yang ada karena power dan torsi yang di hasilkannya juga bertenaga badak, sedangkan type mesin yang digunakannya masih berjenis 2 Stroke (2 Tak) namun sudah memiliki teknologi yang canggih dibandingkan versi sebelumnya, yaitu telah menggunakan system fuel injection, hal ini menjadikan KTM 300 EXC TPI 2018 dan produk terkaitnya menjadikan motor pertama yang menggunakan mesin 2 tak injeksi, sehingga konsumsi bbm akan lebih efesien dari pada type sebelumnya yang masih menggunakan karbu.

Pre-mixing bahan bakar 2-TAK adalah sesuatu yang baru di KTM EXC TPI. Pompa minyak elektronik ini memberi masuk oli dari tangki minyak melalui throttle body ke intake mesin, dengan ini memastikan campuran bahan bakar dan oli yang sempurna dalam semua kondisi dan kecepatan mesin. dengan sistem yang baru ini bisa mengurangi hingga 50% asap yang di keluarkan dari sistem pembuangan dari pada model sebelumnya yang masih karburator, pada mesin KTM 300 EXC ini dikelola oleh unit kontrol berdasarkan putaran dan beban mesin yang diukur oleh TPS (throttle position sensor). Kapasitas OLI sekitar 0,7 liter sudah cukup untuk 5-6 isi ulang bahan bakar, memberi Anda lebih banyak waktu untuk naik, sedikit waktu untuk mengukur semuanya.

Pada bagian silinder di New KTM 300 EXC TPI yang baru ini memiliki diameter lubang ruang pembakaran 72mm sedangkan pistonnya juga memiliki diameter yang sama yaitu 72mm dan juga telah dilengkapi dengan power valve yang sudah canggih , dengan teknologi ini akan memberikan karakteristik daya yang sangat halus pada mesinnya dan dapat dikendalikan dengan sangat mudah dan tidak liar. Sedangkan untuk aplikasi EFI, pada silinder yang baru ini memiliki dua kubah lateral yang menahan injektor bahan bakar yang memasok bbm ke port transfer belakang. dengan injeksi yang hilir yang digunakan akan menjamin atomisasi bahan bakar yang sangat baik dengan pencapuran bbm dan udara yang sangat sempurna. Dengan demikian tidak akan terjadi lagi bbm yang terbuang percuma karena proses pengabutan yang kurang optimal seperti yang masih menggunakan karbu, sehingga pembakaran akan lebih efisien dan membuat mesin menjadi semakin irit. dengan silinder baru dengan dua buah injector dan power valve, transmisi Enduro 6 kecepatan dan kopling DDS yang dioperasikan secara hidraulik, mesin KTM 300 EXC TPI akan Pilihan terbaik saat anda gunakan di berbagi medan yang berat.

Pada Mesin KTM EXC TPI dilengkapi dengan throttle body yang baru yang dikembangkan oleh Dell`Orto. throttle bodynya sendiri memiliki diameter lubang yang besar yaitu 39mm. kemudian untuk aliran udara diatur oleh kupu-kupu yang dihubungkan dengan cam throttle kabel kembar, dan dioperasikan oleh unit throttle. Sensor posisi throttle menyediakan data aliran udara ke unit kontrol, sementara sekrup bypass memungkinkan pengaturan kecepatan idle. dan jika kondisi mesin saat dingin juga akan membuka dan bypass dan memasok lebih banyak udara Melalui minyak oli asupan minyak yang dipasok dari pompa oli dicampur dengan udara yang masuk untuk melumasi crankshaft bearings dan cylinder / piston dll, sedangkan untuk menyalakan mesin pada motor KTM eXC TPI 2018 ini sudah di lengkapi dengan electrick starter dan juga kick starter sehingga dalam urusan menghidupkan mesin akan menjadi semakin mudah tanpa repot.

Mesin KTM 300 EXC TPI 2018
Body

Pada body yang di gunakan di KTM 300 EXC TPI 2018 ini memiliki desain baru bahkan semuanya fress yang sudah tidak seperti pada versi lamanya, tampilannya sendiri akan terlihat lebih gagah dan tentu saja kokoh, selain itu pula untuk bagian panel depan yang di gunakan di motor ini juga telah memiliki lampu depan dan juga lampu belakang sehingga motor ini bisa kita pergunakan untuk kegiatan di malam hari, karena kebanyakan untuk model kompetisi balap tidak di lengkapi dengan lampu atau sejenisnya, nah walau memiliki kapasitas mesin yang besar bukan berati bobot motor ini juga berat melainkan bobot motor ini bisa di bilan sangat ringan untuk kelas motor dengan kapasitas mesin 300cc, bahkan bobotnya malahan lebih ringan dari kawasaki KLX yang hanya memiliki mesin 150cc saja, jika anda ingin tau bobot yang dimiliki motor ini, bobotnya cuma 103kg namun belum dalam keadaan tangki bbm full, kapasitas tanggkinya sendiri juga mampu menampung cukup banyak yaitu 9liter, dengan bobot yang amat ringan ini akan membuat urusan handling akan sangat lincah dan nyaman dan enak saat di ajak berkelak kelok.

KTM 300 EXC TPI 2018


Sekarang kita beralih ke bagian kaki kaki yang di gunakan di motor keluaran terbaru dari ktm ini, kita mulai dari bagian suspensi yang di gunakan terlebih dulu, untuk suspensi yang digunakannya menurut saya sudah terbilang monster, dan pihak ktm sendiri masih mempercayakan suspensinya dengan produk WP Suspension yang digunakannya di setiap produknya, nah untuk diameter suspensi depan yang di gunakannya juga terbilang besar yaitu 300mm dan sudah berjenis UP SIDE DOWN yang tekenal lebih stabil, dengan ukuran dan panjang yang semakin bertambah ini tentu akan membuat suspensi pada motor ini akan lebih kuat saat di ajak melibas berbagai medan yang sangat berat, sedangkan pada suspensi belakangnya juga masih mempercayakan suspensi dari WP yang berdiameter 310mm dan telah di lengkapi tabung, namun sayangnya suspensi belakangnya belum dilengkapi dengan Uni-track atau Pro-Link, tetapi hal ini tidak akan menjadi masakah karena suspensinya sudah terbilang sangat mumpuni untuk di ajak beraktifitas extreme. sedangkan pada bagian rangka yang di gunakannya menggunakan besi baja yang kuat yang di cat dengan perpaduan warna hitam, dengan sub frame yang berbahan alumunium dengan warna abu abu. sedangkan pada bagian swing arm yang di gunakannya juga berbagan alumunium yang kuat tetapi tetap ringan

Rangka KTM 300 EXC TPI 2018


Sedangkan untuk bagian roda yang digunakan di motor ini menggunakan ban offroad yang memiliki ukuran 100/90-18 (belakang) yang bermerk maxis, sedangkan untuk bagian depan menggunakan ukuran yang lebih besar yaitu 90/100-21 dan bermerk maxis juga, dengan ban yang berukuran besar ini memiliki kelebihan lebih nyaman saat di gunkan di jalan yang memiliki banyak lubang atau di medan bebatuan, karena ukuran ban yang besar ini bisa memberikan kecil kemungkinan untuk ban terplosok di jalan yang memiliki ubang, kemudian pada system pengereman yang di gunakan juga sudah berjenis cakram depan belakang, sedangkan merk yang di gunakan di rem cakramnya adalah brembo yang memiliki dua buah piston di rem depannya, sedangkan belakang memiliki satu buah piston, dengan rem jenis ini pastinya akan membuat system pengereman akan semakin optimal berkat brand ternama brembo yang udah tidak diragukan lagi kualitasnya.


Oke buat anda yang sudah penasaran dengan full spesifikasi yang di gunakan motor KTM EXC 300 TPI 2018 kamu bisa melihatnya di daftar tabel spesifikasi yang terdapat dibawah ini, namun sayangnya untuk saat ini pada bagian Torsi maupun tenaga yang di hasilkannya belum aa informasi yang jelas, tetapi kita bisa mengintip spesifikasi yang di gunakan di bagian luarnya, berikut detail spesifikasi yang di gunakan di KTM 300 EXC TPI 2018

Spesifikasi KTM EXC TPI 2018
  • Mesin : 2 Stroke, Liquid Cooled
  • DISPLACEMENT : 293.2 cm³
  • BORE : 72 mm
  • STROKE : 72 mm
  • PRIMARY DRIVE : 26:73
  • System :  Fuel Injection
  • SECONDARY GEAR RATIO : 14:50
  • SUSPENSION TRAVEL (FRONT) : 300 mm
  • SUSPENSION TRAVEL (REAR) : 310 mm
  • FRONT BRAKE DISC DIAMETER : 260 mm
  • REAR BRAKE DISC DIAMETER :  220 mm
  • STEERING HEAD ANGLE : 63.5 °
  • WHEELBASE :  1482 ± 10 mm
  • GROUND CLEARANCE : 370 mm
  • SEAT HEIGHT   : 960 mm
  • TANK CAPACITY (APPROX.) : 9 l
  • WEIGHT READY TO RACE (WITHOUT FUEL)  103 kg
  • Ban depan : 90/100-21 Maxis
  • Ban Belakang : 100/90 Maxis
  • Aki :  Lithium Ion 12v
  • Speedometer : Digital
  • Starter : Electrik & Kick starter

Harga KTM 300EXC TPI 2018
  • Harga Baru KTM 300 EXC TPI 2018: Rp150jt - 165jt (perkiraan)
Sementara untuk harga yang di bandrolnya saat ini masih menjadi pertanyaan dan belum secara resmi di rilis tetpi Rentang harganya sekitar Rp 150-165 jutaan off the road  Tunggu aja deh kabar resmi dari KTM Indonesia. Buat yang mau indent langsung, sekarang sudah bisa tetapi harga tersebut masih perkiraan saja jadi bisa jadi harga tersebut lebih mahal ataupun malahan lebih murah. jadi kita tunggu saja harga resminya dari dealer KTM.

Nah tentunya motor ini akan sangat cocok bagi anda yang suka dengan olahraga adventure enduro menggunakan mesin 2 tak, karena mesin jenis 2 tak ini cenderung memiliki tenaga dan torsi yang lebih besar ketimbang dengan motor 4 tak dengan cc yang sama, alahasil akselerasi yang terdapat di mesinnya ini juga terbilang ganas dan tinggal menyiapkan nyali aja untuk menggunakannya, kelebihan lain yang di miliki mesin 2 tak adalah pada bagian bobotnya yang lebih ringan daripada motor 4 tak, namun walau lebih ringan tenaga yang di hasilkan bisa lebih besar dari motor 4 tak sehingga akan memberikan kelebihan tersendiri bagi penggunanya, untuk kelemahannya ya itu cuma satu, boros bahan bakar karena setiap dua langkah mesinya membutuhkan asupan bbm, dan berbeda dengan mesin yang sudah 4 tak yang hanya memerlukan 1x asupan bahan bakar di setiap 4 langkah piston naik turun, namun semua itu bergantung pada selera masing masing, dan cukup sampai sini saja artikel kali ini, dan nanti jika sudah ada update perkembangan seputar motor ini akan segera saya update pula, sekian dan saya ucapkan terimakasih, semoga informasi diatas bisa menambah wawasan anda seputar dunia otomotif di indonesia, Sekian dan saya ucapkan terimakasih